Blog
UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) memberikan kontribusi yang besar terhadap perekomonian Indonesia. Dilansir dari blog Kementerian Keuangan, UMKM berkontribusi hingga 61,1% terhadap perekonomian nasional (PDB) dengan daya serap tenaga kerja UMKM sebanyak 117 juta pekerja. Angka tersebut merupakan 97% dari total daya serap tenaga kerja dunia usaha. Mendukung UMKM Indonesia majus ama saja mendukung terciptanya lapangan kerja yang lebih banyak dan ekonomi yang semakin kuat.
Di era digitalisasi, memanfaatkan media digital untuk melakukan pemasaran merupakan hal yang penting. Banyak usaha kecil menengah yang memanen omset besar dengan melakukan pemasaran sederhana secara digital seperti memblast promosi lewat aplikasi whatsapp, melakukan live di sosial media atau marketplace, dan lain-lain. Satu langkah yang berdampak besar jika ditekuni.
Trainer SDM Training, Ibu Putri, berkesempatan mengedukasi pelaku UMKM Jakarta Selatan mengenai Periklanan Online Produk UMKM pada 26 Juli 2022 lalu. Kegiatan yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Sudin Cilandak tersebut berlangsung bertujuan untuk mengedukasi dan menyemangati para pelaku UMKM untuk go digital, salah satunya dengan beriklan secara sederhana. Bersama-sama, UMKM bisa berprogress dan maju.
Beberapa insight yang dibagikan dalam sesi tersebut yang juga dapat bermanfaat untuk Anda adalah:
- Akibat pandemi, banyak industri melemah namun digitalisasi malah menguat dan memberikan dampak besar bagi yang memanfaatkannya
- Top 3 Media untuk Netizen Indonesia menemukan produk baru: Mesin Pencari, Iklan Sosial Media, Review di Sosial Media
- Apa yang membuat calon konsumen memutuskan untuk membeli? 40.5% menjawab produk yang direkomendasi oleh beberapa influencer dalam kurun waktu yang sama.
- Manfaatkan sosial media untuk membangun awareness dan mendorong penjualan
- Tips dan tantangan menggunakan menggunakan influencer sebagai leverage
- Tipe konten paling popular: Review, Tutorial, Unboxing, dll.
Belum mampu meng-endorse influencer yang paling viral ternyata tak masalah. Di insight nomor 3 kita dapat lihat bahwa konsumen terbujuk untuk membeli saat banyak influencer yang merekomendasikan dalam kurun waktu yang bersamaan. Jadi UMKM dapat langsung mencari agency yang menawarkan paket beberapa influencer sesuai budget dengan tidak mengesampingkan portofolio (hasil kerja) dan performa influencer di agency tersebut. Bagi pelaku atau tim UMKM yang ingin mempelajari lebih detail mengenai pemasaran digital menggunakan sosial media, SDM Training membuka kelas Pelatihan Digital Marketing dengan beberapa instruktur yang tak hanya tersertifikasi kompetensi, namun juga praktisi dan sabar membimbing. Anda mau juga? Hubungi SDM Training untuk penawaran menarik terbaru.
Baca juga: Pelatihan Digital Marketing untuk Dosen Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan