5 MANFAAT PENGEMBANGAN SDM (SUMBER DAYA MANUSIA) PERUSAHAAN

Pernahkah Anda mendengar masalah-masalah di tempat kerja seperti banyak karyawan tidak produktif atau karyawan tidak bekerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan? Tidak hanya itu, masalah juga dapat terjadi karena perusahaan memberikan pekerjaan kepada karyawan tidak sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Masalah tersebut merupakan masalah umum yang terjadi di perusahaan.

Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai kunci dari perkembangan perusahaan harus diperhatikan agar tetap produktif. Pada Pandemi COVID-19, berbagai riset menunjukkan bahwa terjadi penurunan kinerja akibat kurangnya perhatian perusahaan pada pengembangan SDM. Selain itu, McKinsey dalam Surveinya berjudul “War for Talent 2000” yang telah diperbaharui tahun 2012, kepuasan karyawan juga ditentukan jika perusahaan menyediakan kesempatan untuk maju dan berkembang selain adanya ‘reward’ dan ‘great leaders’. Kepuasan karyawan tersebut tentu mendorong produktivitas karyawan dalam bekerja.

Secara formal, pengembangan SDM dapat dilakukan dengan pelatihan pengetahuan dan keterampilan kerja. Pelatihan-pelatihan yang saat ini dapat menunjang pekerjaan karyawan antara lain; pelatihan komunikasi yang efektif ditempat kerja, keterampilan presentasi, pelatihan kepemimpinan, dan berbagai pelatihan teknis lainnya.

Dengan adanya pengembangan SDM, tentu manfaat akan dirasakan oleh karyawan dan perusahaan, yaitu:

  1. Produktivitas dan keuntungan perusahaan meningkat; karyawan dibantu untuk meningkatkan kompetensinya dengan mempelajari keterampilan untuk menunjang pekerjaannya atau keterampilan baru yang relevan dengan pekerjaannya saat ini.
  2. Perusahaan dapat beradaptasi dengan perubahan dan tantangan di depan; karyawan yang mendapat kesempatan “up skill” dapat menyesuaikan diri dengan kondisi yang semakin maju dan dapat menyumbangkan ide-ide baru bagi kemajuan perusahaan.
  3. Menciptakan karyawan yang loyal dan disiplin; dengan kesempatan pengembangan SDM yang diberikan, karyawan semakin percaya bahwa dirinya merupakan aset penting bagi perusahaan.
  4. Mengurangi turnover jabatan; komitmen yang tinggi pada pekerjaan, menjadikan karyawan bekerja secara maksimal pada jabatannya.
  5. Mengingkatnya kerjasama yang baik dengan pihak lain dalam tim atau klien; karena skill yang terasah, kemampuan komunikasi dan pelayanan meningkat dengan baik.

 Perlu menjadi perhatian bahwa pengembangan SDM merupakan investasi jangka panjang bagi perusahaan. Dengan pengembangan SDM yang baik, tujuan individu setiap karyawan maupun tujuan bisnis perusahaan tercapai dengan maksimal.

 

 

N. Oktiani

Trainer SDM Training & Assessor BNSP